• Whatsapp +0811-2957-891
  • Working Time

    Senin - Sabtu : 08.00-16.00 WIB

4 Sayuran yang kaya Vitamin C

27 Oct 2018

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi berbagai gangguan kesehatan seperti sariawan hingga serangan jantung.
Umumnya, vitamin C bisa didapat dari buah kiwi, pepaya, nanas, mangga, stroberi, dan tentunya jeruk.
Dilansir dari Business Insider, orang dewasa memerlukan sekitar 65 hingga 90 miligram vitamin C setiap harinya.
Sedangkan, setiap 100 gram jeruk hanya mengandung 45 miligram kandungan vitamin C.
Kandungannya masih terbilang sangat kecil kalau dibandingkan 4 jenis sayuran berikut ini.
Kadar vitamin C-nya melampaui jeruk, lho!

 

1. Brokoli

Sayuran ini mengandung 89 miligram pada setiap 100 gram brokoli.
Brokoli bisa diolah menjadi Setup BrokoliSetup Brokoli. Untuk 1 porsi, brokoli yang digunakan sekitar 100 gram.
Angka ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada orang dewasa.

2. Kubis Brussel atau Brussel Sprout

100 gram kubis ini mengandung 85 miligram vitamin C.
Sayuran ini juga memiliki zat fitonutrien yang dapat mencegah terjadinya penyakit hipertensi sampai jantung koroner.
Untuk mengolahnya bisa dibuat menjadi Brussel Tumis Jamur yang sangat mudah dibuat dengan tiga langkah saja.

3. Kale

Kale menjadi sayuran yang paling tinggi kandungan vitamin C.
Dalam 100 gram kale, terdapat 120 miligram vitamin C.
Meski rasanya cukup pahit, sayur ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga menjaga kesehatan jantung.
Kale bisa digabung menjadi Green Juice dengan menggunakan 10 tangkai kale, apple granny, anggur hijau, dan mentimun jepang.

4. Sawi Hijau

Setiap 100 gram sawi hijau mengandung 102 miligram vitamin C. Kita bisa membuat Cah Sayuran Pedas yang membutuhkan sekitar 50 gram sawi hijau.
Meski vitamin C pada sawi hijau belum memenuhi kebutuhan yang diperlukan tubuh, pada resep ini kita menggunakan kembang kol, brokoli, wortel, dan kol.
Sayuran ini mengandung vitamin C yang tinggi.